Penandatanganan Komitmen Bersama SPMI SMKN 1 Kuta Selatan

  • 26 April 2019
  • 07:40 WITA
Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) di  seluruh Indonesia menggulirkan satu program bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan memilih beberapa sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA di seluruh Indonesia untuk menjadi sekolah model bagi pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMI)
 
Sistem penjaminan mutu internal adalah system penjaminan mutu yang dilaksanakan secara mandiri oleh pihak sekolah. Berdasarkan hal tersebut di atas, sekolah model SPMI dapat diartikan sebagai sekolah yang menjadi contoh atau acuan dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal.
 
Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di sekolah harus dilakukan oleh seluruh anggota sekolah yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan staf sekolah sesuai tugasnya masing-masing. Ada lima tahapan siklus  yang harus dilaksanakan yaitu:
1. Tahap pertama adalah memetakan mutu sekolah dengan berpedoman pada EDS
2. Tahap kedua adalah membuat perencanaan peningkatan mutu sekolah
3. Tahap ketiga adalah pelaksanaan program penjaminan mutu sekolah
4. Tahap Ke empat adalalah  monitoring dan evaluasi
5. Tahap kelima  strategi peningkatan mutu sekolah
 
Langkah awal yang dilakukan SMKN 1 Kuta Selatan untuk mendukung dan melaksanakan program SPMI berupa penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh warga sekolah. 

Komentar

Berita Lainnya

Drs. I Nyoman Supartha, M.Pd
NIP: 19661129 199512 1 003